PENTING!!!


Rukun Iman terdiri dari enam perkara: (1) Iman kepada Allah. (2) Iman kepada malaikat-malaikat Allah. (3) Iman kepada kitab-kitab Allah. (4) Iman kepada rasul-rasul Allah. (5) Iman kepada hari kiamat. (6) Iman kepada Qada dan Qadar.

Rukun Islam terdiri dari lima perkara: (1) Mengucap dua kalimat syahadat. (2) Menunaikan shalat lima waktu. (3) Mengeluarkan zakat. (4) Berpuasa pada bulan Ramadan. (5) Menunaikan Haji bagi mereka yang mampu.

Menggunakan Google 2-Step Verification/Authentication pada Gmail

Sebenarnya sudah cukup lama saya mengetahui adanya fitur "Using 2-step verification" pada account Google, tapi baru kali ini saya coba menggunakanya.  Setelah mencoba fitur tersebut dan menggunakanya pada account saya, 2-step verification (saya lebih suka menggunakan kata "authentication") pada Gmail adalah salah satu keamanan web login terbaik dan saya sangat menyarankan untuk mengaktifkan fitur ini pada account Google anda. 

Google Menggunakan 2-Step Authentication pada Gmail

Sebelumnya banyak diskusi tentang "Multi-steped authentication", dimana gambar password dianggap sebagai salah satu bagianya. Tapi Goolge membuktikan kesalahan pada diskusi tersebut dengan mengimplementasikan code verifikasi melalui handphone sebagai tahap authentication kedua. Jadi jika hacker mengetahui password Gmail anda, dia tidak dapat login ke account Gmail anda karena fitur 2-step authentication.


Mengaktifkan 2-Step Verification

Login ke google, lalu masuk ke Account Setting kemudian pilih Using 2-step Verification.
















Pilih jenis handphone yang anda gunakan lalu masukan nomer yang anda inginkan untuk melakukan verifikasi login.


Penting! Pastikan menggunakan nomor anda sendiri dan nomor tersebut dalam keadaan aktif.

Setelah semua benar, pilih Send Code, maka anda akan mendapat SMS dari Google yang berisi kode verifikasi. Masukan kode tersebut kedalam kotak yang tersedia lalu pilih Verify.

Penting! Simpan kode verifikasi tersebut, jangan ada orang lain yang mengetahuinya.

Selanjutnya anda akan diminta memasukan kembali sebuah nomor handphone yang berbeda untuk mengantisipasi apa bila nomor anda yang pertama hilang atau dicuri. Disini anda tidak perlu melakukan verifikasi nomor tersebut. Setelah itu tkan Next dua kali lalu klik "Turn on 2-step verification".

Sekarang account anda menjadi lebih aman dari sebelumnya.

Apabila anda masalah dalam menggunakan 2-step verification silahkan berbagi di kolom komentar.

0 komentar:

Post a Comment